RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA N 11
PALEMBANG
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : XI / Satu
Materi Pokok : Lompat Lompat Jauh
Alokasi Waktu : 3 JP (3
X 45 menit)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.Kompetensi Dasar dan
Indikator Percapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Percapaian
Kompetensi
|
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan sebagai anugrah tuhan yang
tak ternilai.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina,sebagai wujut syukur kepada
sang pencipta.
|
1.1.1
Memelihara kesehatan tubuh
1.2.1
Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.
|
2.1
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri,orang
lain,dan lingkungan sekitar,serta dalam pengunan sarana dan prasarana
pembelajaran
2.2
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
|
2.1.1
Merapikan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
2.2.1
Menunjukan prilaku disiplin selama pembelajaran Lompat Jauh
|
3.3
Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) serta menyusun rencana perbaikan
|
3.1.1
Menganalisi keterampilan Lompat jauh.
3.1.2
Menganalisi kombinasi keterampilan Lompat jauh.
|
4.3
Mempraktikkan perbaikan
keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) sesuai hasil analisis dan
kategorisasi.
|
4.1.1
Memperaktikan keterampilan lompat Jauh.
4.1.2
Memperaktikan keterampilan dan variasi kombinasi Lompat jauh.
|
C.Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti
pembelajaran.
2.
Menganalisis cara melakukan lompat jauh,awalan,tumpuan,sikap di
udara,mendarat.
3.
Menjelaskan cara melakukan lompat
jauh,awalan,tumpuan,sikap di udara,mendarat.
4.
Melakukan tehnik dasar lompat jauh,awalan,tumpuan,sikap
di udara,mendarat.
5.
Memahami cara melakukan lompat
jauh,awalan,tumpuan,sikap di udara,mendarat.
.
D. Materi Pembelajaran
Lompat Jauh
Adalah rangkaiyan atau
gerakan gabungan dari kemampuan untuk belari cepat dan untuk belari untuk
mendapatkan ketinggian dari tolakan.
Awalan
Tujuan dari awalan adalah
untuk mendaptakan kecepatan horizontal,
Tumpuan
Tujuan dari tumpuan adalah
untuk mendapatkan keceptan vertical,kaki yang di gunakan untuk tumpuan adalah
kaki yang dominan,dan hanya satu kaki untuk menolak.
Gerakan melayang di udara.
Tujuan dari sikap melayang
adalah untuk mebuat gaya lompatan,sehingga lompatan menjadi maksimal.
Pendaratan
Tujuan dari sikap ini untuk memperoleh posisi lompatn
sejauh-jauhnya sehingga kaki di usahak bergerak kedepan lebih dulu.
E.Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Demonstrasi
: Resifvokal
: Inklusif
F. Alat/Media/Bahan
1.
Media
Pembelajaran : Poster/gambar pelaksanan
lompat jauh
2.
Alat
Pembelajaran :
Ruang terbuka,stopwatch,bak lompat,bendera
3.
Sumber Belajrar :Buku Penjasorkes SMA Kelas XI,Tim
Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.
Langkah Kegiatan
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan :
·
Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pendapat/pengetahuan
tentang Lompat Jauh.
·
Mengaitkan apa yang dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan
dipelajari.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti :
Mengamati
·
Memperhatikan pejelasan tentang apa itu lompat jauh.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan permasalah yang dijelaskan guru berkaitan dengan lompat jauh.
Mengeksplorasi
·
Mencari informasi dari berbagai media tentang lompat jauh
·
Mengidentifikasi olahrga lompat
jauh.
Mengasosiasi
·
Memperaktikan
gerakan gerakan dalam lompat jauh dari awalan sampai tumpuan mendarat.
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasi kerja kelompok di depan kelas berkaitan dengan lompat jauh.
|
105 menit
|
Penutup :
·
Meminta peserta didik
menyimpulkan materi tentang lompat jauh.
·
Diskusi dan tanya – jawab .
·
Mengingatkan materi pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Teknik dan Bentuk Penilaian
1.
Tes
Sikap (Afektif)
Tes
sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : Disiplin, kejujuran, menghargai, percaya diri, sportivitas dan semangat.
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Displin
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya
diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI
SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
2.
Tes
Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran tentang
lompat jauh :
No.
|
Nama
Siswa
|
Butir-butir
Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal
No.1
|
Soal
No.2
|
Soal
No.3
|
Soal
No.4
|
Soal
No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI
KOGNITIF) : 15
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan definisi dari olahraga Lompat jauh!
|
2.
|
Sebutkan tehnik dasar dalam Lompat Jauh !
|
3.
|
Jelaskan
apa yang dimaksut dengan Lompat Jauh!
|
3.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Peragakan gambar atau foto-foto Lompat Jauh unsur-unsur
yang dinilai adalah kesempurnaan dan ketepatan mengidentifikasi Lompat Jauh
(penilaian proses).
Penilaian
Keterampilan Gerak
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Awal
|
Peragaan
|
Sikap
Akhir
|
Jml
|
Proses
|
Nilai
Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI
PROSES) : 12
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
a.
Rekapitulasi
Penilaian
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai
Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga
Aspek Penilaian
Keterangan
:
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
Palembang,
November 2014
Guru Pamong Mahasiswa
Praktikan
Gunawarman, S.Pd Efran.Saputra
NIP 196407091987031007 Nim 06111406025
Mengetahui,
a.n.
Kepala SMA Negeri 11 Palembang
Wakil
Kurikulum
Drs.
Syukri
NIP
196606061993031011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar